Minggu, 30 Oktober 2011

Pentingnya Perilaku Keorganisasian dalam Membentuk SDM yang Handal dan Memiliki NEED FOR ACHIEVMENT

Dalam zaman sekarang ini semua negara membutuhkan SDM yang tangguh dan handal dalam mengerjakan sesuatu apalagi di negara yang maju seperti amerika, inggris, jepang dll Mereka sangat membutuhkan SDM yang handal demi kemajuan negara mereka. Begitu juga di negara yang masih berkembang contohnya seperti di INDONESIA, Mereka juga membutuhkan SDM yang handal untuk mempertahankan negara Mereka, tapi negara berkembang masih mempunyai kendala yaitu sulitnya mencari SDM yang handal. Meskipun SDM itu ada tapi itu jumlahnya sangat sedikit itu sebabnya negara INDONESIA masih disebut negara berkembang.
Dalam pemilihan SDM yang handal kita harus berpegangan dengan ilmu perilaku organisasi yang isi didalamnya menjelaskan tentang perilaku individu tersebut (tingkah laku manusia dalam organisasi) agar kita mendapatkan SDM yang kita inginkan. SDM dapat dicari dengan cara melihat karakteristik hidupnya (sifat pribadi tiap individu yang objektif dan mudah diperoleh dari catatan per individu). Misalnya seperti berikut:
1.      Hubungan usia dengan kinerja
2.      Pengaruh usia dengan turnover
3.      Perbedaan laki-laki dan perempuan dalam hal tingkat absensi
4.      Status perkawinan jumlah tanggungan
5.      Korelasi masa kerja dengan kinerja
6.      Kemampuan
7.      Kemampuan intelektual
8.      Kemampuan fisik
9.      Kesesuaian pekerjaan
10.  Kepribadian
11.  Keturunan
12.  Lingkungan
13.  Situasi
14.  Dll
Dengan sifat - sifat diatas sebuah perusahaan dapat memilih yang mana SDM yang baik dan yang mana SDM yang buruk atau tidak layak untuk diperkerjakan.

Salah satu penyebab kesuksesan sebuah perusahaan atau organisasi lainnya ialah berkualitasnya SDM karena dengan SDM sebuah system bisa dijalankan sesuai kehendak manusia dan bisa mengatur atau me-manage sebuah pekerjaan dari manusia. itulah yang menyebabkan pentingnya perilaku keorganisasian yang bertujuan membangun karakteristik manusia itu dibutuhkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar